Selasa, 29 Januari 2013

Artis-artis dalam Jeratan Narkoba


 Dua linting ganja ditemukan di dalam kamar Raffi Ahmad, dekat lemari buffet. Pil ekstasi MDMA juga ditemukan di ruang makan Raffi, di dalam laci. Saat itu Raffi tidak memakainya. Namun barang bukti itu cukup bagi Badan Narkotika Nasional untuk menggelandang Raffi dan keenam belas rekannya, Minggu, 27 Januari 2013.

Raffi Ahmad, Wanda Hamidah, Irwansyah, dan Zaskia Sungkar pun menjalani pemeriksaan maraton di kantor BNN. Tes urine mereka negatif narkoba. Namun itu belum jadi jaminan karena masih ada rangkaian tes lain dalam kurun waktu 3 x 24 jam terhitung sejak mereka dibawa ke kantor BNN.

Sementara publik menunggu hasil keseluruhan tes itu dengan harap-harap cemas, semua tahu ini bukan kali pertama polisi menangkap artis karena narkoba. Namun kali ini keterkejutan publik mungkin lebih besar karena ada empat artis sekaligus yang ditangkap, termasuk salah seorang di antaranya adalah artis politisi Wanda Hamidah yang kini menjabat sebagai anggota DPRD DKI Jakarta.

Mantan suami Wanda, Chiko Hakim, yakin Wanda tidak bersalah. Ia meminta semua pihak untuk menunggu hasil pemeriksaan BNN. Terlepas dari apakah keempat artis tersebut terjerat narkoba atau tidak, sebelum ini sudah banyak artis yang tersandung kasus narkoba. Berikut daftarnya:

1.    Alba Fuad, artis lawas
Hasil tes urinenya menunjukkan ia positif mengkonsumsi narkotika. Artis era 80-an itu ditahan polisi tanggal 20 Februari 2012 atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis shabu. Alba yang merupakan keponakan musisi Ahmad Albar tertangkap saat sedang bersama John Kei di Hotel C’One, Pulo Mas, Jakarta Timur. Hasil penggeledahan polisi di rumah Alba di Jagakarsa, Jakarta Selatan, menemukan 0,5 gram shabu, bong, dan alat penghisap shabu.

2.    Iyut Bing Slamet, mantan penyanyi cilik
Ia ditahan 28 April 2011 dan mendekam di Rumah Tahanan Pondok Bambu karena tertangkap tanagn mengkonsumsi narkotika jenis shabu di sebuah hotel di Jakarta Barat. Polisi menyita 0,4 gram shabu beserta alat hisapnya dari putri aktor kawakan Bing Slamet itu.

3.    Surendro Prasetyo atau Yoyo, drummer band Padi
Yoyo ditangkap tim Bareskrim Satuan Narkoba Mabes Polri di apartemennya, Sudirman Park, Tower B, Jakarta Selatan, pukul 02.00 WIB Minggu dini hari, 27 Februari 2011. Mantan suami Rossa itu mengaku sudah sepuluh tahun mengkonsumsi narkoba. Ia aktif menggunakan shabu-shabu dan heroin. Setelah tertangkap, drummer Padi itu pun menjalani rehabilitasi.

4.    Revaldo, pemain sinetron
Revaldo dua kali ditangkap karena kepemilikan narkoba. Pertama tanggal 10 April 2006. Kedua tanggal 20 Juli 2010. Pesinetron Ada Apa dengan Cinta itu ditangkap Unit Narkoba Polres Jakarta Barat karena kedapatan membawa shabu-shabu 50 gram dan satu paket ganja. Ia dijatuhi hukuman 7 tahun penjara dan denda Rp1 miliar.

5.    Ibra Azhari, pemain film
Ibra ditangkap 23 Agustus 2010 karena kedapatan memesan shabu-shabu seberat 5 gram melalui telepon. Sebelumnya, adik aktirs Ayu Azhari ini juga pernah ditangkap tahun 2003 karena kasus yang sama. Ia tertangkap menyimpan narkoba dan divonis pengadilan 15 tahun penjara.

6.    Fachriah Muntas (Ade Ivay), pemain sinetron
Ia ditangkap di rumah kontrakannya di Pancoran, Jakarta Selatan, 1 Juni 2010 karena kedapatan memiliki 0,2 gram shabu-shabu.

7.    Imam S. Arifin, penyanyi dangdut senior
Dia diciduk dalam operasi di Jalan Pangeran Jayakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat, 24 Maret 2010.

8.    Sammy, vokalis band Kerispatih
Dia tertangkap basah sedang mengkonsumsi shabu-shabu di kosnya di Setiabudi, Jakarta Selatan, 2 Februari 2010.

9.    Jennifer Dunn
Artis ini ditangkap di Vista Residence, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, 12 Oktober 2009 karena memiliki satu paket shabu-shabu beserta alat hisapnya, 7 pil ekstasi, dan satu strip pil psikotropika Happy Five.

10.    Sheila Marcia, pemain sinetron
Ia diringkus petugas Unit Narkoba Polsek Penjaringan di apartemennya di daerah Pluit, Jakarta Utara, 8 Agustus 2008, karena kedapatan memiliki satu paket shabu.

Masih banyak lagi artis di tanah air yang pernah terjerat narkoba. Semisal Andhika Kangen Band dan aktor senior Roy Marten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar